3 Cara Meminimalisir Kerugian dalam Investasi Saham



3 Cara Meminimalisir Kerugian dalam Investasi Saham yang harus kita pejalari jika ingin fokus dan sukses dalam investasi Saham.

Menggeluti bidang investasi Saham tidak hanya belajar tentang berapa nominal profit yang bisa Anda hasilkan. Namun Anda juga harus memiliki pengetahuan untuk meminimalkan risiko kerugian dalam investasi saham.

Hal ini terutama untuk seorang yang merupakan pemain pemula, target utama yang harus Anda pelajari adalah belajar untuk MEMINIMALISIR KERUGIAN dalam investasi saham bukan hanya mendapatkan KEUNTUNGAN profit sebesar mungkin.

Perlu diingat dan jadi perhatian, pasar Saham itu berisiko. Kalau Anda mampu meminimalisir risiko yang ada, maka kesempatan untuk mencetak profit yang besar pasti akan sangat terbuka lebar. Lalu bagaimana cara meminimalisir kerugian di saham?

Pada artikel kali ini, saya akan berbagi berdasarkan pengalaman dan ilmu yang saya pelajari tentang cara meminimalisir kerugian dalam investasi Saham (namun hal ini tidak mutlak dan mungkin rekan-rekan yang lain juga mungkin memiliki strategi-strategi tersendiri).




Berikut terdapat 3 Cara Meminimalisir Kerugian dalam Investasi Saham yang saya lakukan:1. Gunakan komposisi portofolio Saham sebesar 80:20 atau 100:0

Komposisi portofolio saham dengan rincian 80:20 dengan maksudnya adalah memilih 80% Saham yang memiliki likuid dan layak ditradingkan dan diinvestasikan, dan 20% saham-saham yang merupakan lapis tiga istilah untuk Anda yang ingin mencoba mempelajari bagian saham-saham gorengan.

Sedangkan untuk komposisi portofolio rincian 100:0 maksudnya Anda menempatkan 100% Saham Anda pada saham-saham yang likuid dan layak untuk trading serta investasi, dan tidak melakukan pembelian Saham gorengan sama sekali pada portofolio.

Anda dapat mempelajari cara-cara meng-screening Saham untuk menemukan stock pick yang layak trading dan investasi.

Dengan formula dan rumus tersebut, Anda dapat memprioritaskan untuk dapat memilih saham-saham yang risikonya kecil dan aman untuk ditradingkan dan diinvestasikan, sehingga risiko kerugian dalam investasi serta trading Anda bisa diminimalisir.

Dalam hal praktiknya, saya tidak jarang menemukan pemain bermodal kecil yang kerap kali trading dan investasi banyak sekali pada Saham gorengan serta waran, dan malah ujung-ujungnya tidak sedikit dari para pemain trader ini yang sahamnya nyangkut, mengalami kerugian dalam jumlah besar dan akhirnya modalnya habis.

oleh sebab itu, untuk meminimalisirkan kerugian, Anda bisa mencoba melkaukan penerapan komposisi seperti portofolio diatas yaitu (80:20 atau 100:0).

2. Lakukan modal kecil dahulu untuk trading dan investasi

Kalimat yang sering kita dengar yaitu "Semakin besar modal yang kita gunakan, semakin besar juga untung di saham yang kita dapat". Kalimat ini seringkali sering menjadi anjuran dan ajaran untuk para pemain yang belum mampu mencetak profit besar dalam ivestasi dan trading saham.

Pernyataan tersebut sebelunya tidak semuanya salah dan saya relatif setuju tetapi tentu saja hal ini dapat diterapkan jikalau Anda sudah semakin mahir serta berpengalaman dalam trading dan investasi saham ini. Kalau Anda masih pemain pemula, menggunakan modal besar dapat memperbesar risiko kerugian trading dan investasi.

Karena jika Anda menggunakan modal yang besar, Anda juga harus bisa mengelola psikologis dengan baik. Pemain yang masih belajar dalam memilih saham, juga memiliki kemungkinan salah dalam menentukan Saham dan indikator trading, sehingga kalau Anda menggunakan modal yang besar, tentu saja hal ini membuat risiko kerugian justru akan semakin besar pula.

Akhirnya, untuk meminimalisirkan kerugian pada investasi dan trading saham, Anda dapat memulai dengan modal minim terlebih dahulu. Gunakan trading saham dengan modal kecil terlebih dahulu sekitar Rp1-3 juta untuk trading dan investasi serta lakukan diversifikasi seperti pada poin pertama.



3. Dahulukan saham-saham pilihan

Untuk Anda yang telah trading dan investasi beberapa bulan, Anda pasti sudah mengalami untung / profit atau kerugian. Dari saham-saham tersebut yang sudah memberikan Anda profit, bisa Anda dahulukan untuk diprioritaskan dalam list trading dan investasi.

Jika Anda telah berhasil menganalisis suatu Saham dan Anda dapat memperoleh profit dari Saham tersebut, itu berarti Saham tersebut adalah Saham yang sudah Anda ketahui pola kerjanya.

Oleh sebab itu, Saham-saham tersebut merupakan saham-saham yang risikonya cukup kecil untuk Anda. Dengan mendahulukan saham-saham yang sesuai dengan karakter Anda, akhirnya Anda dapat meminimalisir kerugian dalam investasi saham yang pergerakannya kurang baik, sehingga potensi kerugian pada pembelia Saham bisa diminimalkan.

Teman-teman yang merasa investasi dan tradingnya masih kacau dan belum stabil, Anda bisa review kembali apakah Anda sudah mendahulukan membeli saham-saham yang layak investasi serta trading dan kembali menyusun dan memperhatikan manajemen modal yang baik.

Demikian 3 Cara Meminimalisir Kerugian dalam Investasi Saham, hal-hal inilah yang menjadi faktor penentu agar Anda bisa meminimalkan kerugian di saham. JIka Anda ingin mempelajari Jenis Investasi Jangka Panjang bisa lewat Link Berikut : https://www.utahmc.com/2020/03/investasi-saham-jangka-panjang-pasti.html
Content Creator, Graphic Designer, UI / UX Designer

3 comments

  1. Nitip backlink
  2. nitip juga
  3. mantap penjelasannya jadi tau cara invest di saham yang baik.