Technical Analysis Saham : Pengertian, dan 3 Manfaatnya




Technical Analysis saham sangat bermanfaat apabila Anda menggunakanya dengan analisis, screening dari Saham dan pertimbangan yang tepat dan benar. Technical Analysis tidak cocok jika digunakan secara kaku.

Kondisi dari pasar Saham yang dinamis dan fluktuatif sangat menguji dan menguras mental para trader. Namun tidak jarang pada saat pasar Saham sedang bergerak mulai stabil atau bullish, Technical Analysis yang biasa Anda pakai berpotensi besar jauh lebih akurat dan presisi dibandingkan dengan saat pasar Saham sedang menurun.

Technical Analysis yang sama namun mampu memberikan hasil yang tidak sama pada kondisi pasar yang berlawanan. Pada kondisi suatu Saham mengalami penurunan, atau saat kondisi harga Saham belum bergerak layaknya yang Anda harapkan, banyak sekali pernyataan yang menyimpulkan jika Technical Analysis itu “tidak berguna”:

"tidak ada gunanya memperhatikan Technical Analysis, jika seorang bandar enggak mau menaikan harganya, ya harganya enggak bakalan optimis, dong"

"Technical Analysis saham enggak bakal bermanfaat jika pasar Saham dalam kondisi tren turun".

Pertanyaannya: Mungkinkah Technical Analysis saham itu memang tidak berguna saat membeli Saham? benarkah kalua seorang bandar Saham inilah yang membaut arah pergerakan saham, bahkan metode Technical Analysis itu merupakan 'rekayasa'?

Bisakah saat kondisi dari Saham sedang tren menurun tersebut Technical Analysis tidak lagi bermanfaat secara maksimal karena harga Saham yang kelihatannya naik, tetap ternyata masih terus menurun?

Hal inilah yang akan kita bahas pada artikel kali ini, agar Anda para trader Saham mampu mendapatkan informasi dan pandangan yang benar mengenai analisis saham.

Selama menjalani dan berkarir di dunia trading saham, aku akhirnya berkesimpulan bahwa Technical Analysis itu ternyata SANGAT BERMANFAAT saat keadaan apapun, baik keadaan suatu Saham sedang bullish, posisi sideways, maupun kondisi bearish.

Sebagai satu contoh, Jika Anda mempelajari suatu indikator yang mengatakan bahwa Saham yang naik lebih dari garis 20 berarti waktunya untuk membeli. Maka, saat Anda menemukan ada Saham naik garis indikatornya ternyata sudah diatas 20, bukan berarti Anda buru-buru harus langsung membeli sahamnya.

Pengertian Technical Analysis Saham

Menentukan Saham yang benar, akurat menelisik keadaan pasar, definisi dari Technical Analysis adalah semua  dari analisa yang harus Anda pakai dan gunakan agar Anda mampu mendapatkan profit yang maksimal dalam trading.

"Tapi bagaimana Pak dengan bandar saham. Bukankah Saham itu ditentukan oleh para bandar Saham yang memiliki modal yang besar? Lalu apa gunanya Technical Analysis kalau begitu?" Pikir Kalian.

Pada posisi ini Anda sudah cukup memperoleh pemahaman dan informasi mengenai pentingnya Technical Analysis bagi para pembeli saham. Selanjutnya kita akan membahas lebih dalam kenapa Technical Analysis itu sangat berguna, dan Technical Analysis adalah Analisa yang utama dan yang harus digunakan pada semua level trader:

3 Manfaat Technical Analysis Saham

1. Technical Analysis saham adalah gambaran dari psikologis bandar Saham

Semua jenis Saham pasti ada bandarnya. Tetapi kemampuan bandar Saham dalam menggerakan suatu Saham itu berbeda-beda. Semakin likuid suatu saham, maka kemampuan bandar menaik-turunkan suatu Saham akan semakin kecil pula.

Hal ini dikarenakan saham-saham yang likuid, cukup banyak peminatnya (trader ritel), sehingga kemampuan dari bos Saham melakukan aksi naik maupun menurunkan harga tidak mungkin terlalu berdebda secara signifikan dibandingkan posisi saham yang tidak likuid.

Karena jika suatu Saham banyak peminatnya dan kemampuan seorang bandar dalam menaik-turunkan Saham semakin kecil, maka harga seuah Saham akan bergerak LEBIH TERATUR, sehingga akan membentuk suatu tren dan kecenderungan pola sebuah saham, dan hal ini bisa Anda lihat dari gambaran grafiknya.

Grafik Saham (Technical Analysis Saham) inilah yang merupakan gambaran dari psikologis seorang bandar Saham yang terjadi melalui aksi transaksi trading antara bandar dan trader ritel. Jadi semakin likuid suatu Sahamnya, maka semakin mudah Anda menganalisa tren grafik dan kecenderungan arah pola jangka pendek suatu saham.

Technical Analysis Saham

Gambaran dari Technical Analysis dari suatu saham

Misalnya, coba Anda perhatikan pada grafik Saham diatas. Pada grafik tersebut, Anda dapat menganalisa banyak hal, mulai dari menganalisis titik support dan resisten krusial (tanda persegi), hingga pola-pola tren dari candle dan chart pattern yang terbentuk pola pada grafik tersebut.

Pola-pola yang tergambar tersebut adalah gambaran sejarah trading yang menunjukkan perilaku dan keinginan pelaku market (bandar maupun trader ritel).

Karena gamabran suatu psikologis seorang bandar Saham mampu tergambar dengan Technical Analysis, maka metode Technical Analysis itu akan sangat berguna dalam mengambil keputusan suatu trading: Dalam membeli suatu saham, menganalisa, serta menetapkan target penjualan.

2. Saat kondis Saham bearish, metode Technical Analysis Saham dan saat kondisi suatu pasar memberikan hasil profit maksimal

Pada saat suatu pasar Saham mengalami bearish, banyak yang beranggapan bahwa Technical Analysis itu tidak begitu berguna. Hal ini adalah pernyataan yang kurang tepat. Seperti halnya yang dituliskan sebelumnya, dalam menggunakan Technical Analysis, tidak hanya pada saat membeli Saham, saat indikator menunjukkan sinyal beli.

Tetapi Anda harus menganalisa secara kompleks seperti kondisi pasar, lihat momentum trading dan melakukan kombinasi berbegai Technical Analysis, sehingga untuk kondisi pasar bearish, malah Anda mampu memanfaatkannya untuk membeli saham-saham menarik di harga rendah.

Di web UtahMc.Com ini, aku sering membahas Technical Analysis yang bisa Anda gunakan dalam mendapatkan keuntungan saat Saham bearish melalui pembelian harian. 

Tidak selalu setiap saat Anda harus melakukan pembelian saham. Anda juga harus melakukan screening suatu saham, menunggu dan melihat serta membeli saham-saham yang bagus secara teknikal waktu kondisi Saham akan cenderung naik / rebound. Dengan cara dan analisis inilah, suatu Technical Analysis akan berguna pada waktu market bearish.


3. Technical Analysis saham ternyata bermanfaat tidak untuk semua jenis saham

Penyataan yang menganggap suatu Technical Analysis 'tidak berguna' tidak semuanya 100% salah. Lah kok, gitu?

Namun harus aku akui, ada banyak sekali Saham yang tidak dapat dianalisa dengan Technical Analysis, yaitu saham-saham jenis gorengan / Saham lapis tiga.

Dari jenis saham yang belum likuid (baca poin satu), akan begitu mudah digoreng oleh para bandar karena peminat sahamnya minim, oleh karenanya pergerakan harga suatu Saham tidak berpola, dan Technical Analysis tidak mampu memberikan gambaran psikologis pasar, karena pola transaksi Saham ini yang tidak menentu.

Oleh sebab itu, Technical Analysis saham akan jauh lebih bermanfaat jika diterapkan untuk saham-saham yang likuid, dalam hal ini merupakan saham-saham lapis satu (blue chip) dan saham-saham pada posisi lapis dua.

Jadi jikalau Anda ingin menggunakan Technical Analysis saham yang Anda pilih lebih akurat dan menghasilkan keuntungan yang maksimal, utamakan trading pada saham-saham yang trenya bagus. Juga tidak lupa untuk lakukan screening terlebih dahulu saham-saham yang cocok dibeli menggunakan Technical Analysis.

Melalui postingan kali ini, kita semua dapat menyimpulkan jika Technical Analysis ini akan sangat berguna saat trading, dan mencari saham-saham yang potensial.

Sangat disayangkan masih banyak ungkapan yang mengatakan "Technical Analysis tidak berguna", "ada seorang bandar yang menggerakkan suatu saham, tidak penting belajar Technical Analysis". Dan pernyataan seperti ini akhirnya dapat membuat trader pemula tidak tertarik mendalami Technical Analysis dan menggunakan cara-cara instan dalam mendapatkan keuntungan di saham.

Mulai saat ini, Anda yang tertarik mendalami trading jangka pendek, maka Anda harus mulai fokus dalam belajar Technical Analysis, dan mempraktikannya pada kegiatan trading. Jangan pernah meremehkan Technical Analysis saham untuk analisa utama dalam memilih saham.

Untuk belajar mengenai 3 Cara Meminimalisir Kerugian dalam Investasi Saham bisa klikhttps://www.utahmc.com/2022/05/meminimalkan-kerugian-di-saham.html atau https://zonatau.com/





Content Creator, Graphic Designer, UI / UX Designer

Post a Comment