INGAT !! 3 Alasan Kenapa Kita Harus Membeli Saham Dengan Modal Yang Kecil

alasan kenapa kita harus membeli saham dengan modal yang kecil



Seorang trader memilih Saham dengan harga kecil atau membeli Saham harga besar, yang mana lebih maksimal keuntunganya bagi pemain saham? Uang yang banyak merupakan "jiwa" Kita bagi seorang pemain saham. Tidak adanya modal, Kita tidak akan mampu melakukan pembelian sebuah saham.

Namun untuk realisasinya yang biasanya dimulai dari komunitas-komunitas saham, bahkan pernyataan langsung dari para pemain saham, aku cukup sering membaca ajakan-ajakan tentang penerapan modal dalam pembelian sebuah saham, contohnya:

"Modal kecil digunakan terlebih dahulu pada saat membeli saham"
"Jika ingin mendapatkan keuntungan besar maka gunakan modal yang besar pula"
"Dalam transaksi saham mana bisa kaya kalau modal kecil, modalnya mesti banyak biar untungnya maksimal"
"Profit dari transaksi saham belum bisa maksimal kalau pemula, jadi gunakan modal yang minim dulu saja"

Umpamanya pada suatu kesempatan kita melakukan transaksi pembelian saham yang sama dengan modal minim sebesar Rp. 2 juta, kemudian pada saat yang sama kita juga membeli saham dengan modal cukup besar sekitar Rp. 200 juta. Misal saham tersebut memperoleh profit sebesar 1% maka yang membeli dengan modal Rp. 2 juta akan mememperoleh keuntungan sebesar Rp. 20.000 sedangkan dengan modal cukup besar Rp. 200.000.000 maka keuntungan yang diperoleh sebesar Rp. 200.0000.

Dari ilustrasi diatas dapat kita simpulkan "Jadi lebih baik kita gunakan modal yang besar dong ya dalam hal pembelian saham?" Kata seorang teman.

Pada dasarnya jika kita transaksi dengan yang modal besar kita memiliki potensi untuk penghasilan yang besar pula . Kita telah mempelajari gambaran sebelumnya di mana jika modal dua juta bahkan duaratus juta rupiah, seandainya nilai keuntunganya persis sama satu persen, masih terlihat jelas jika menggunakan modal dua ratus juta harusnya memperoleh nilai profit yang jauh lebih maksimal.

Namun aku tidak mngungkapkan jika kita menggunakan modal besar dalam melakukan transaksi pembelian saham itu PASTI AKAN SELALU MENGUNTUNGKAN. Ketika menggunakan modal yang kecil pun, Kita masih dapat memperoleh keuntungan yang konsisten walaupun kecil di saham.

Sebagai awalan aku selalu menyarankan untuk menggunakan modal yang kecil terlebih dahulu dalam melakukan transakssi pembelian saham.



3 alasan kenapa kita harus membeli saham dengan modal yang kecil:


1. Pembelian dengan modal kecil akan meminimalisir resiko

Tentu hal ini adalah alasan kenapa kita harus membeli saham dengan modal yang kecil yang sudah sesuai dengan logika matematikanya, jika kita menggunakan modal sebesar Rp. 1 juta atau jika kita menggunakan modal Rp. 100 juta maka ketika pasar dalam keadaan lose maka tentu kita akan mengalami kerugian juga, tapi jika modal kita minim tentu kerugian kita juga akan minim.

Kesimpulanya, alasan kenapa kita harus membeli saham dengan modal yang kecil, teruntuk kita yang masih awam dan pemula dalam transaksi saham gunakanlah modal yang kecil terlebih dahulu sambil belajar bagaimana menganalisa pergerakan saham agar kita tidak terlalu rugi jika pasar dalam keadaan lose dan kita dapat memperbaiki kedepanya dengan modal yang lebih besar lagi.

2. Pembelian dengan modal kecil menenangkan psikologis

Berdasarkan bahasan pada poin pertama alasan kenapa kita harus membeli saham dengan modal yang kecil tentu jika kita menggunkan modal yang kecil tentu akan mengurangi resiko kerugian, sehingga kita juga tidak terlalu stress secara psikologi karena modal yang kita gunakan juga minim hal ini terutama untuk kita yang masih awam dalam dunia saham ini.

Misalnya kita mengalami kerugian dalam transaksi saham, jika kita menggunakan modal Rp. 1 juta dibandingkan kita menggunakan modal Rp. 100 juta tentu nilai kerugian dengan modal Rp. 1 juta terasa lebih minim dan tidak terlalu mengganggu psikologis kita sebagai trader.

3. Pembelian dengan modal kecil kita bisa membeli saham secara bertahap sesuai momen

Dalam transaksi pembelian saham, alasan kenapa kita harus membeli saham dengan modal yang kecil kita tidak hanya berbicara menganai aktivitas menjual dan membeli saham tetapi juga merupakan sebuah seni. Kita tidak harus melakukan pembelian dalam satu jenis saham dengan modal besar sekaligus.

Seandainya kita menggunakan modal yang kecil kita dapat melakukan pembelian saham secara bertahap dan banyak pilihan jenis saham lainya sambal mempelajari berbagai pola dinamika saham yang fluktuatif.

Terutama untuk pemain pemula yang masih tahap belajar dan menggunakan modal kecil aku masih menyarankan untuk menggunakan modal minim tidak lebih dari Rp. 3 juta, kitab isa gunakan modal pada kisaran Rp. 1 – 3 juta terlebih dahulu

Akhirnya kita mestinya sudah mulai memahami mengapa aku menyarankan untuk membeli saham dengan modal kecil terlebih dahulu. Karena kita sebagai pemain awam dan pemula masih perlu belajar untuk mengetahui fluktuasi pasar, dinamika pasar, serta psikologis trader itu sendiri. Selanjutnya kitab isa mulai untuk transaksi menggunakan modal yang lebih besar dari biasanya

Lalu pertanyaanya kapan kita akan mendapatkan untung jika transaksi kita masih menggunakan modal yang kecil dan minim?

Memang hal ini yang sering aku dengar jika menganjurkan untuk melakukan transaksi dengan modal minim terlebih dahulu.

Jika kita masih pemula dalam hal pembelian saham, orientasi kita tidak tertuju pada profit yang utama. Sebagai pemain pemula tujuan kita adalah membangun pola pikir dan pengetahuan kira terhadap dunia saham ini. Setelah kita paham dan pola pikir telah terbentuk barulah kita dapat memikirkan profit yang lebih banyak.

Hal ini dapat kita lakukan jika Kita memulai terlebih dahulu dengan modal yang kecil. Menggunakan modal yang minim tersebut, Kita telah melakukan pengujian terhadap yang yang kita beli, mungkinkah kitab isa mampu meminimalisir kerugian kita dan segera memperoleh keuntungan kita??

jika dengan menggunkaan modal kecil saja kita mengalami kerugian apalagi kalau kita menggunakan modal yang besar, jangan harap kita bisa medapatkan keuntungan yang besar. Secara psikologis kita juga akan mengalami tekanan bahkan tidak jarang kita malah mendapatkan kerugian yang lebih banyak jika kita bertransaksi pada kondisi tersebut

Kondisi seperti ini tidak jarang terjadi pada pemain pemula yang tidak sabar dan maksa, ingin untung besar tetapi malah mendapatkan kerugian yang lebih besar.

Kemudian banyak yang menyakan kapan waktu yang tepat bagi kita untuk mulai trading dengan modal yang besar agar memperoleh profit yang besar juga.

Ilustrasi : trading saham

Saran aku, setelah dengan pembelian modal kecil kita sudah mampu mengelola dan meminimalisir kerugian, serta mental dan pola pikir kita sudah mulai terbentuk akhirnya barulah kita mulai untuk transaksi dengan modal yang besar.

Kesimpulanya Ketika kita sudah mampu mendapat keuntungan dengan modal yang kecil, tentu hasrat kita untuk mendapat profit lebih besar semakin tinggi, akhirnya dengan kemampuan kita mengelola psikologis dan keahlian kita dalam menganalisa pergerakan saham potensi memperoleh profit yang besar terbuka lebar.

Setelah kita pelajari, pembelian dgn modal yang minim bahkan modal besar, tidak ada bedanya . Kita mesti bijak dan peka dengan kondisi serta situasi, untuk hal apa Kita mesti menetapkan menggunakan modal yg besar, dan untuk hal apa Kita transaksi dengan modal yang minim.

Artikel bermanfaat lainya bisa dilihat pada website berikut : https://www.cepidis.com/ dan https://www.zonatau.com/
Content Creator, Graphic Designer, UI / UX Designer

Post a Comment